Mencari Informasi di Internet

Mencari di Internet

  1. Menggunakan Search Engine
    Search Engine digunakan untuk mencari dan menampilkan hasil pencarian, search engine yang tersedia seperti Google, Bing, Yahoo, dsb. Setiap search engine punya kriteria dan mesin tersendiri untuk menentukan situs web yang berkualitas sesuai dengan keyword yang dicari. Untuk menghasilkan hasil yang terbaik kita harus menggunakan kata kunci yang tepat. kemudian untuk mempersempit pencarian, didalam Google terdapat fitur yang dapat digunakan, seperti :
    “AND” “OR”, AND untuk menampilkan dua kata yang harus selalu ada dalam website, sementara “OR” untuk salah satu keyword saja. Tanda Petik (“…”), Untuk menampilkan hasil pencarian yang sama persis dengan kata atau frase yang dikutip. Tanda Minus (-), Untuk menambahkan pengecualian dalam pencarian kita. Dan lain-lain
  2. Identifikasi jenis web
    Karena terdapap beberapa jenis web maka kita harus memeriksa terlebih dahulu jenis web nya. Cari web yang sesuai dengan kebutuhan kita dengan melihat pemilik, penulis, isi, dan tujuan dari web tersebut.
  3. Periksa Kredibilitas
    Kredibiltas merupakan acuan untuk menilai suatu informasi apakah dapat dipercaya, layak digunakan atau tidak, penting atau tidak pentingnya informasi yang diperoleh. Kita dapat memeriksa kredibilitas dengan mencari tahu siapa penulisnya, informasi tambahan, adakah bisnis atau politik, rujukan, dan email pengarang.
  4. Tentukan kedalaman dan keluasan ruang lingkup informasi
    Perbedaan antara web dengan sumber tercetak, biasanya tampilan web akan lebih mudah dipahami, informasi kurang luas, sering terpangaruh bisnis, dan terkadang informasi kurang diperlukan. Selanjutnya kita dapat mencati tahu mengenai :
    Apakah web mengandung hasil penelitian, sumber referensi, catatan kaki, dll?
    Apakah web memberikan informasi perkembangan topic?
    Apakah terdapat sudut pandang lain?
    Seberapa cocok isi web dengan kebutuhan anda?

    Bandingkan dengan sumber-sumber lain
  5. Periksa tanggal informasi
    Tanggal yang kita periksa dapat meliputi kapan artikel tersebut ditulis, dipublikasikan, dan update (revisi, penambahan, pengurangan).

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Browsing

  1. Persiapkan
    Kita setidaknya mengetahui gambaran umum topik yang ingin kita cari, kemudian buat daftar semua kata penting terkait topik, nama pegarang, dan frase-frase kata.
  2. Organisasikan
    Membuat daftar kata-kata kritis untuk pencarian kemudian catat kata-kata yang tidak dibutuhkan untuk ditampilkan, dan abaikan sisanya.
  3. Kombinasikan
    Operator Boolean dapat digunakan untuk mencari topik yang yang kata kuncinya lebih dari satu.

Sumber :

  • https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian-informasi.html
  • https://idseducation.com/articles/pengertian-search-engine-dan-cara-kerjanya/
  • https://www.idntimes.com/tech/trend/fajarnurmanto/10-teknik-rahasia-pencarian-google-agar-makin-akurat-cepat/full
  • http://jakarta.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php/publikasi/artikel/644-evaluasi-kredibilitas-informasi-di-internet
  • https://www.progresstech.co.id/blog/jenis-website-fungsi/

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *