Mencari Informasi di Internet

Informasi adalah sekumpulan data atau fakta yang telah diproses dan dikelola sedemikian rupa sehingga menjadi sesuatu yang mudah dimengerti dan bermanfaat bagi penerimanya.

Informasi merupakan suatu kebutuhan bagi manusia, pada zaman sekarang ini adanya informasi dapat mempengaruhi kesuksesan bagi pendidikan, karir, ekonomi, dsb. Bahkan informasi pun dapat diperjualbelikan jika informasi tersebut berharga. Informasi dapat membantu manusia dalam kehidupan sehari-hari seperti sumber berita, referensi, dan sosialisasi.

Faktor yang Mempengaruhi Mutu Informasi

  1. Up To Date
    Suatu informasi yang dapat dimanfaatkan tentunya informasi yang terbaru karena informasi yang sudah lama akan berakibat fatal pada hasil pengambilan keputusan.
  2. Lengkap
    Informasi yang baik haruslah lengkap agar tidak menimbulkan pertanyaan, informasi akan berpengaruh terhadap keputusan, oleh karena itu infomasi yang kurang lengkap dapat menyesatkan kita.
  3. Relevan
    Suatu informasi yang didapatkan harus memberikan suatu manfaat sesuai yang kita butuhkan, inilah yang dimaksud informasi yang relevan.
  4. Akurat
    Informasi akurat merupakan informasi yang isinya sesuai dan minim dari kesalahan. Meskipun informasi tidak akurat 100%, setidaknya cukup untuk membuat keputusan.
  5. Dapat Diandalkan
    Informasi yang dapat diandalkan pastinya berasal dari sumber yang dapat dipercaya. Untuk sumber yang dirasa kurang dapat dipercaya dapat diperiksa kebenarannya.
  6. Tersaji dengan Baik
    Pembaca akan mudah memahami suatu informasi bila informasi tersebut disajikan dengan baik dan tidak bertele-tele.

Usaha Mendapatkan Informasi Bermutu

  • Usaha Mengumpulkan
  • Usaha Menyimpan
  • Usaha Mengolah
  • Usaha Merawat

EVALUASI WEB

Internet merupakan sumber informasi yang luar biasa karena kita dapat menemukan berbagai informasi dari seluruh penjuru dunia. Namun karena sekarang setiap orang dapat membagikan informasi di internet maka menentukan kualitas suatu web adalah hal yang tidak mudah. Oleh karena itu dibutuhkan evaluasi web

Tipe Website

Web Informatif 

Web yang memiliki tujuan menyampaikan suatu informasi sehingga si pembaca memahami apa yang disampaikan dari web tersebut.

Web Personal

Personal web dimiliki oleh seseorang individu. Biasanya dijadikan wadah sharing kepada pembaca, baik itu berisi pengalaman pribadi, kemampuan, atau hal lain sesuai keinginan pemilik web.

Web Kelompok

Berkumpulnya orang-orang yang ingin bersosialisasi melalui pembentukan sebuah komunitas. User dapat saling bertukar informasi dan membentuk group-group untuk membahas suatu informasi.

Web Pemasaran

Ditujukan untuk memasarkan produk dan jasa secara online

Web Hiburan

Website yang digunakan untuk tujuan menghibur pembaca.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *