Evaluasi dan Pencarian Informasi Lanjut

Sebuah informasi tidak dapat dipisahkan dengan data dan juga pengetahuan, karena ketiganya akan saling berhubungan secara terus menerus.

  1. Data
    Merupakan sekumpulan keterangan berupa angka, simbol, atau kata yang masih mentah tanpa keterangan dan didapatkan dari proses-proses tertentu. Data dapat diperoleh dari penelitian, penemuan, perkumpulan, penciptaan, dll.
  2. Informasi
    Adalah data yang telah diolah dan melalui suatu proses sehingga dapat dipahami dan memberikan manfaat. Informasi dapat diperoleh dari presentasi, organisasi dll.
  3. Pengetahuan
    Merupakan pengembangan dari informasi yang dapat digunakan untuk menentukan suatu keputusan manusia. Pengetahuan dapat diperoleh dari percakapan, integrasi, cerita, dll.

Evaluasi Informasi

Saat ini untuk mendapatkan suatu informasi tentu sangatlah mudah, kita tinggal mencari menggunakan search engine seperti Google, Bing, Yahoo, dsb. Namun informasi yang terdapat di internet tidak sepenuhnya valid, bermanfaat, dan akurat. Oleh karena itu kita memerlukan Evaluasi informasi, yaitu kemampuan yang penting untuk mencari, memilih dan memutuskan informasi mana yang harus diterima.

Karakteristik evaluasi

  1. Authority
    Dari segi authority kita dapat melihat kredibilitas penulis seperti latar belakang pendidikan , bidang pekerjaan, dan organisasi keanggotaan yang diikuti. Juga
    mencari tahu profil situs web, penerbit atau organisasi yang menerbitkan artikel atau buku karena sumber yang berasal dari universitas, profesional, penerbit ilmiah atau jurnal ilmiah telah melalui proses peer review dan pengeditan yang ketat, sehingga dapat dijadikan sumber yang terpercaya.
  2. Timeliness
    Sumber yang terbaru memiliki nilai yang lebih bila dibandingkan sumber yang lama, namun terdapat juga sumber lama yang masih tetap dapat digunakan seperti rumus dasar yang dikemukakan oleh ilmuwan. Lihat juga apakah informasi tersebut diperbaharui secara berkala atau tidak dan pastikan tanggalnya bila iya. Dan jika menggunakan buku cetak, lebih baik gunakan edisi yang terbaru.
  3. Relevancy
    Pastikan konten yang ada dalam informasi sesuai dengan kebutuhan , terkadang suatu informasi memiliki isi tersirat yang tentu saja harus dicermati. Suatu informasi yang baik juga harus mewakili berbagai sudut pandang.
  4. Quality
    Informasi yang baik tentunya memiliki tata bahasa, ejaan dan tanda baca yang benar. keaslian informasi juga menentukan kualitas, apakah informasi tersebut hasil dari copy paste atau bukan.
  5. Bias
    Bias dalam pengumpulan data adalah distorsi dimana informasi yang didapat tidak sesuai terhadap situasi yang sebenarnya. Bias dapat dikarenakan sudut pandang yang sempit, oleh karena itu carilah sumber-sumber tulisan yang mempertimbangkan berbagai perspektif sebagai lawan dari sumber-sumber bias yang menyajikan bukti untuk satu perspektif.

Proses Pencarian Informasi

Adalah serangkaian langkah-langkah fisik dan intelektual yang dibutuhkan setiap orang untuk menyelesaikan suatu tugas indormasi. Setiap langkah biasanya membutuhkan penggunaan beberapa keterampilan informasi. Proses ini umumnya merupakan bagian dari pembelajaran dan pemecahan masalah.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *