Model Data-Information-Knowledge-Wisdom (DIKW)
Kategori pikiran manusia (Russell Ackoff)
- Data
Simbol atau mentah, artinya tidak memiliki makna apapun. (misal: angka, huruf, gambar) - Information
Informasi merupakan kumpulan data yang telah diproses sehingga menghasilkan sesuatu yang berguna, dan memberikan jawaban seperti “siapa?”, “apa?”, “dimana?”, dan “kapan?”. - Pengetahuan (Knowledge)
Adalah kumpulan dari informasi-informasi. Aplikasi/pengunaan data dan informasi, dapat menjawab pertanyaan “bagaimana?” - Pemahaman (Understanding)
Pemahaman analisa dan menjawab pertanyaan “Kenapa?” - Kebijakan (Wisdom)
Pemahaman yang dievaluasi
Data
Berupa fakta atau pernyataan
Tidak mempunyai relasi dengan lainnya
Contoh : sekarang hujan
Informasi
Terdapat relasi antar data, misalnya : sebab-akibat
Contoh : Terjadi musim kemarau berkepanjangan maka beberapa titik api (hot spot) berisiko menyebabkan kebakaran
Mengubah data menjadi infomasi
Data | Metode yang mungkin dilakukan untuk mengubah data |
Angka penjualan | Bagan tren dan mengidentifikasi tren |
Data pasar dan persaingan | Menemukan rata-rata/nilai khas |
Kinerja keuangan | Menyajikan data kompleks sebagai chart atau grafik |
Hasil produksi | Mengamati perubahan setiap waktu dan memperkirakan masa depan |
Biaya sumber daya/ tenaga lainnya | Membandingkan angka dan mengidentifikasi persamaan/perbedaan |
Ketidakhadiran pegawai, liburan/cuti sakit | Menilai apakah suatu hasil signifikan/terjadi secara kebetulan |
Catatan kecelakaan | Menilai apakah satu hal terkait dengan yang lain, Bagaimana cara mendefinisikan data, informasi dan pengetahuan. |
Pengetahuan (Knowledge)
Penggunaan informasi dalam sebuah konteks untuk membuat suatu keputusan pola/pattern informasi yang saling terhubung/muncul dari informasi, pola ini bersifat berulang-ulang dan dapat memprediksi (apa yang terjadi kemudian)
Contoh : Jika kelembaban sangat tinggi dan temperatur turun maka atmosfir menampun uap air sehingga akan turun hujan
Pengetahuan = Informasi + Rules(Reasoning)
Expert Reasoning
- Reasoning by analogy: membuat analogi (keterhubungan dengan metode menyamakan) satu konsep dengan konsep lain yang sejenis
- Formal reasoning : mengunakan metode deduktif atau induktif (berbasis fakta untuk menghasilkan kesimpulan)
- Case-based reasoning: reasoning dengan kasus-kasus terdahulu yang relevan
Contoh : Data – Informasi – Pengetahuan
Data: 100, KM 72
Informasi : Sebuah kendaraan melaju pada kecepatan 100 Km/jam di KM 72 Tol Cipularang
Pegetahuan : Dengan menerapkan pengetahuan batas kecepatan di KM 72 Tol Cipularang, yakni maksimal kecepatan 80 Km/jam dapat disimpulkan bahwa kendaraan tersebut melanggar aturan batas kecepatan maksimum
Kebijakan (Wisdom)
Terdiri dari pengetahuan-pengetahuan, prinsip-prinsip, yang terjadi dan menjelaskan kenapa pola-pola tersebut terjadi. Wisdom hanya dimiliki manusia karena menyangkut memahami dan menilai antara baik-buruk dan benar-salah
Contoh : Hujan terjadi karena terjadinya interaksi antara curah hujan, penguapan, arah udara, perubahan suhu dsb
Pemodelan Pengetahuan
- Aturan (rules)
Knowledge direpresentasikan sebagai pasangan atribut yang bernilai (E.H. Shortliffe). Bentuk umum rules:
if attribute A1 has value V1
and attribute A2 has value V2
then attribute A3 has value V3 - Semantic Network
Semantic network adalah sebuah teknik representasi AI yang digunakan untuk informasi proporsional. Struktur ditunjukkan di dalam sebuah grafik yang terdiri dari node serta panah yang menghubungkan antar node. Node adalah item-item khusus dan link menunjukkan hubungan antar item
- Knowledge Structure
Pengetahuan yang aktual dihasilkan dari pengetahuan yang sudah ada. Identifikasi pengetahuan dasar untuk membangun struktur pengetahuan-pengetahuan dasar ini menjadi bagian struktur pengetahuan dan dapat digunakan untuk menghasilkan pengetahuan aktual.
Contoh pengetahuan dasar dari pengetahuan merebus telur :
Boiling an egg, Boiling Water, Obtaining an egg, Chemical changes - Knowledge Map/Network
Setelah pengetahuan dasar diketahui, relasi antar pengetahuan
dipetakan yang sifatnya valid dan sesuai kebutuhan. Pengetahuan manusia berkembang melalui pembelajaran dan berdasar pengetahan sebelumnya. Pembelajaran bersifat hirarki karena pengetahua baru tergantung pada pengetahuan sebelumnya
Sumber :
https://pakpid.wordpress.com/2009/12/
https://socs.binus.ac.id/2018/12/11/semantic-network/