Sejarah Komputer

Sebelum Abad ke-20 M

Pada 1642 ketika penemu asal Perancis, Blaise Pascal, menciptakan alat bantu hitung. Pascal, merancang mesin hitung dengan menambahkan akses memasukan angka atau nomor untuk hitung cepat, nantinya dikenal dengan kalkuator.

Charles Babbage merintis konsep komputer digital pertama yang dapat diprogram disebut Difference Engine, ia kemudian juga mengembangkan Analytical Engine namun kedua mesin tersebut tidak selesai. Atas kiprahnya itu, Babbage kerap disebut sebagai Bapak Komputer Dunia.

Generasi I: 1937-1946

Perang Dunia Kedua memunculkan kebutuhan besar akan kapasitas komputer, terutama untuk militer. Perang memerlukan senjata baru dibuat untuk tabel lintasan dan data penting lainnya.

Tahun 1942, dua mahasiswa Teknik Elektro Universitas Pennsylvania, Amerika Serikat, serta sejumlah rekan mereka merancang komputer elektronik berkecepatan tinggi untuk membantu pekerjaan itu. Perangkat mesin tersebut dikenal dengan nama ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer).

Generasi II: 1947-1962

Pada 1947 transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis. Tahun 1951, komputer pertama untuk komersial diperkenalkan ke publik, yakni Universal Automatic Computer (Univac 1). Mesin ini dirancang oleh John Adam Presper Eckert Jr. dan John Mauchly di Amerika Serikat.

Generasi III: 1963-1972

Penemuan Integrated Circuit (IC) yang berupa chip kecil namun bisa mengumpulkan dan menampung banyak komponen menjadi satu. Dengan penemuan ini, komputer menjadi lebih ringkas dan berukuran lebih kecil, namun lebih kuat, lebih andal, dapat menjalankan banyak program yang berbeda secara bersamaan.

Generasi IV: 1972-1984

Intel yang dibentuk pada awal dekade 1970-an meluncurkan chip Dynamic Access Memory (DRAM) pertama. Tahun 1973, Ethernet untuk menghubungkan beberapa komputer dan perangkat keras lainnya dikembangkan. Sistem Operasi Disk Microsoft (MS-Dos) lahir pada 1980. Pada 1984, giliran Apple yang merilis Macintosh sebagai komputer andalannya.

Generasi V: 1984-1990

Periode ini melihat pengenalan mesin dengan ratusan prosesor yang semuanya dapat bekerja pada bagian yang berbeda dari satu program tunggal. Tahun 1990, dimungkinkan untuk membuat chip dengan sejuta komponen.

1990-Sekarang

Tahun 1990 dikembangkan HyperText Markup Language (HTML) sehingga memunculkan World Wide Web (WWW). Dua tahun kemudian, Mikroprosesor Pentium memajukan penggunaan grafis dan musik pada PC.

Hardware dan Software

Hardware adalah merupakan sebuah komponen dalam komputer yang bisa disentuh dan dilihat secara kasat mata. Hardware terdiri dari perangkat input (mouse, keyboard, dll), output (monitor, printer, speaker, dll), perangkat pemrosesan (CPU), dan perangkat penyimpanan (memori internal dan ram).

Software merupakan perangkat lunak yang merupakan komponen data dan program pada komputer yang disimpan secara digital dan digunakan atau dijalankan sesuai dengan yang diinginkan. Software dapat berupa sistem operasi (Windows, Linux, dsb) dan software aplikasi (Microsoft Office, Corel Draw, dsb)

Internet

Internet adalah jaringan komunikasi global yang terbuka dan mampu menghubungkan jutaan bahkan milyaran jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis, menggunakan tipe komunikasi seperti telepon, satelit dan sebagainya.

Internet dan internet

  • internet (“i” kecil) adalah sebuah jaringan yang dimiliki oleh dua atau lebih organisasi, misalnya Google dengan Microsoft yang aksesnya hanya dimiliki oleh kedua perusahaan tersebut dan bukan publik
  • Internet (“I” kapital) adalah jaringan yang menghubungkan komputer di seluruh dunia dan bersifat publik, atau internet yang biasanya kita pakai sehari-hari. Alamat IP dan nama DNS telah diatur oleh setiap negara

Sejarah

Pada 1969 Departemen Pertahanan Amerika, U.S. DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency), memutuskan untuk mengadakan riset penelitian tentang cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik.

Pada awal ditemukannya internet, mereka mendemonstrasikannya menggunakan software dan hardware berbaris UNIX, yang merupakan cikal bakal terciptanya Linux. Tujuan awal diciptakan internet oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Departement of Defense) adalah jika sewaktu-waktu terjadi perang, tentara militer Amerika bisa langsung bergerak untuk menghancurkan musuh dan untuk mengantisipasi kendala informasi yang terpusat.

Pada awalnya, ARPANET hanya bisa menghubungkan 4 situs aja, yaitu Stanford University of California, Research InstituteUniversity of Utah, dan Santa Barbara, yang mana mereka membuat suatu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum diperkenalkan ke publik oleh ARPANET pada bulan Oktober 1972.

Tak lama setelah itu, proyek ini dilirik oleh berbagi universitas di negara tersebut sehingga proyek yang digarap oleh ARPANET berkembang dengan pesat, akhirnya ARPANET dibagi menjadi dua, yaitu “ARPANET” dan “MILNET”.

ARPANET fokus menagani non militer, sedangkan MILNET fokus mengurusi keperluan militer. Dari keduanya, bergabunglah antara jaringan tersebut yang sekarang dikenal dengan nama DARPA internet, yang kemudian sekarang dikenal dengan nama internet.

Sumber :

https://tirto.id/sejarah-komputer-terinspirasi-sempoa-kelak-berwujud-molekul-eeND

https://www.seputarpengetahuan.co.id/2015/05/pengertian-hardware-software-dan-brainware-terlengkap.html

https://www.quora.com/What-is-the-difference-between-Internet-and-internet-2

https://www.nesabamedia.com/pengertian-fungsi-dan-manfaat-internet-lengkap/

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *